Panduan Belajar Internet, Cara Mudah dan Cepat Mempelajari Blog, Teknik Membuat Blog

Panduan Belajar Internet, Cara Mudah dan Cepat Mempelajari Blog, Teknik Membuat Blog


Belajar Internet Gratis, Panduan Pemula Pelajaran Internet, Mempelajari Blog dan Blogger, Cara Cepat Belajar Ilmu Dunia Maya, Sekolah Gratis Online, Kursus Online Tanpa Bayar, Tanya Jawab dan Diskusi Internet, Promosi Usaha, Peluang Bisnis, Promosi Lewat Internet, Kuliah Gratis di Internet, Buku Panduan Pelajaran Website, Mengelola Website dan Tutorial, Optimize Site, Optimalisasi Website Perusahaan, Blogger Bali Indonesia

Definisi Blog dan Manfaat Bloger

 

Apa sih blog itu ?. Sebuah kata populer untuk menyebut sebuah website yang berisi tulisan, gambar, video bahkan berisi komentar orang lain.

Istilah Blog diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997, berasal dari kata Web dan Log. Web adalah website dan Log adalah catatan kronologis. Istilah Blog oleh Jorn Barger dipakai untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu disertai dengan komentar-komentar oleh orang lain dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik.

Oleh Wikipedia, pengertian Blog diperluas lagi menjadi sebuah website yang biasanya diurus oleh seseorang dengan isi tulisan menurut diri pribadi yang diperbaharui setiap saat, berisikan deskripsi kegiatan dan material lain seperti gambar serta video. Format tulisan biasanya diurutkan secara kronologis. Banyak blog digunakan untuk catatan informasi dengan topik bahasan tertentu disamping fungsi lain sebagai catatan pribadi seseorang. Sebuah blog biasanya berisi teks tulisan, gambar, video, dan link ke blog lain. Kemampuan untuk meninggalkan komentar dari pihak lain adalah kekuatan dari sebuah blog. Kebanyakan blog berisi tulisan pribadi pemiliknya, terkadang pula blog berisikan topik khusus seperti seni, sketsa, photography, video, musik, audio, yang menjadi bagian dari media sosial. Terminologi blog berkembang lagi melahirkan Micro Blogging, yaitu tipe lain dari blogging (kegiatan nge-blog) yang berisikan tulisan pendek.

Pengguna blog adalah individu/pribadi, komunitas, organisasi, bahkan perusahaan. Pengguna individu bisanya disebut blogger. Kehadiran blog adalah sebagai media informasi dua arah, sehingga sering dimanfaatkan oleh individu itu menyebarkan ide pemikirannya (contoh blog pribadi: milik Bli Anton, Bli Devari, Bli Pande, Gek Fenny, dll). Contoh blog komunitas adalah Bali Blogger Community, Warga Arya Wang Bang Pinatih, Komunitas Tangan di Atas, dll. Blog organisasi seperti IMTPI, Kisara, dll. Blog juga digunakan oleh perusahaan untuk media komunikasi antara juru bicara perusahaan dan pelanggannya atau untuk kepentingan publik. Perusahaan dapat menggunakan blog untuk meluncurkan produk/layanan, menanggapi isu atau kritik dan menyampaikan kebijakannya. Contoh blog perusahaan adalah Bali Orange Communications, Microsoft, General Motors, Kalbe Farma, Bcbali Handicraft, dll (Susah banget cari blog perusahaan di Indonesia).

Secara umum, ciri-ciri website bertipe blog adalah :

  1. Terdapat tulisan informatif yang tersusun secara kronologis berdasarkan waktu dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Tulisan tersimpan rapi berurutan dalam arsip berita berdasarkan bulan.
  3. Terdapat fasilitas untuk meninggalkan pesan atau komentar terhadap informasi yang tersaji dalam blog.
  4. Biasanya terdapat link ke website/blog favorit lain.
  5. Dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti, cuplikan foto, shoutbox, pencarian informasi dalam blog (search), dll.

Untuk bisa memiliki blog, sangat mudah. Sekarang sudah banyak penyedia blog gratis yang akan menampung semua informasi Anda baik itu tulisan teks, gambar, audio, dan video. Penyedia blog yang populer diketahui adalah WordPress, Blogger, TypePad, dll. Penyedia blog populer saat ini dari Indonesia adalah Dagdigdug dan blogdetik. Mereka mempunyai sistem pendaftaran yang mudah dipahami. Tidak perlu menjadi programmer website atau web desainer untuk mempunyai sebuah blog.

Karena gratis, maka nama blog yang Anda terima masih ada embel-embel nama penyedia blog, misal http://sibadu.wordpress.com. Blog bisa menggunakan nama pribadi sesuai selera Anda, seperti contoh http://www.hendra.ws atau http://www.pandebaik.com. Untuk mendapatkan nama pribadi dalam blog, Anda harus menyediakan dana untuk pembelian nama domain, menyewa web hosting dan install program blog dalam website itu. Silahkan menghubungi perusahaan penyedia domain name dan web hosting Indonesia untuk kebutuhan blog menggunakan nama pribadi. Mereka akan bantu Anda.

Beragam motivasi alasan orang untuk membuat blog, diantaranya :
– Suka menulis.
– Dokumentasikan perjalanan hidup.
– Sampaikan ide pemikiran.
– Mempengaruhi masyarakat.
– Media protes/kritik tapi tidak mungkin termuat di media publik.
– Mengisi waktu.
– Ikutan tren.
– Cari kenalan/teman baru.
– Cari peluang bisnis.
– Biar ngetop dan terkenal.
– Biar berguna di masyarakat.
– Menyalurkan hobi narsisme.
– Hampa hidup tanpa nge-blog.
– dll (bagaimana menurut Anda ?).

Dari motivasi diatas, jelas akan menimbulkan manfaat dalam nge-Blog, diantaranya :
– Potensi menjadi terkenal.
– Potensi mendapat duit dari blog.
– Menjadi pintar menulis. (Bisa karena terbiasa).
– Wawasan luas.
– Lebih peka terhadap kondisi sosial.
– Punya teman baru dari berbagai daerah di dunia.
– Membangun komunitas.
– Membangun brand/merek pribadi.
– Memberikan manfaat bagi orang lain/masyarakat.
– Ide/produk akan dikenal luas melalui internet.
– Kepuasan pribadi, jadikan hidup lebih berwarna.
– dll (bagaimana menurut Anda ?).

Apa Tujuan Dari Bisnis Online
Sering saya katakan betapa penting menetapkan tujuan anda Berbisnis Online. Sebab itulah yang akan memandu langkah-langkah bisnis online anda. Tujuan itu yang akan menyemangati anda saat sedang lesu darah. Tujuan itu yang akan membantu motivasi anda untuk terus ACTION. Dan yang pasti, dengan memiliki tujuan yang jelas, anda akan lebih mudah menetapkan langkah apa saja yang perlu ditempuh.

Kalau anda ditanya apa tujuan anda berbisnis online, saya yakin mayoritas dari anda pasti akan menjawab untuk mendapatkan uang dari internet. Betul?

Kalau betul tidak masalah. Sebab memang itulah salah satu buah dari bisnis online. Tapi selain mendapat uang, sebetulnya ada tujuan lain yang perlu anda tahu. Kira-kira apa sajakah?

Baiklah. Inilah tujuan-tujuan berbisnis online yang sudah saya sarikan.

  1. Mendapatkan penghasilan. Seperti disinggung di atas, inilah biasanya yang jadi tujuan sebagian besar yang terjun ke bisnis online. Saat awal memulainya mungkin anda hanya berniat menjadikan bisnis online sebagai sampingan. Tapi ketika mulai menikmati hasilnya yang melimpah, anda akan beralih menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dan mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan offline anda. Betapa nikmatnya sambil menggendong anak atau cucu, anda tetap bisamenghasilkan uang terus-menerus dari internet.
  2. Mendapatkan pengunjung. Poin kedua ini sangat berkaitan dengan poin pertama tadi. Lazimnya, besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan uang yang anda dapatkan. Maka tak heran kalau kebanyakan pemilik situs web, selalu berupaya Menjaring Pengunjung sebanyak-banyaknya. Sebab dengan begitu makin besar peluang me-monetize-kan situs web anda.
  3. Membangun komunitas. Adanya Perkumpulan komunitas produk anda sangat penting. Karena dengan begitu, mereka ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis online anda. Semakin besar komunitas online anda, otomatis semakin maju bisnis anda.
  4. Berkomunikasi. Tujuan ini lumrah sekali. Karena memang internet adalah media komunikasi. Sebab itu penting memastikan agar keseluruhan aspek situs web anda, baik Tampilan maupun isi, mampu berkomunikasi secara baik kepada pengunjung. Bila salah satu sisinya ada yang bekerja tak optimal, pasti akan mempengaruhi keberhasilan anda.
  5. Mendapatkan iklan. Pada intinya sebetulnya sama dengan poin pertama tadi. Tapi sengaja saya bedakan, karena pendekatan yang dibutuhkan lain. Maksud saya kalau mendapatkan penghasilan pada poin pertama adalah mendapatkan uang dari pengunjung. Sedang kalau yang ini mendapat uang dari para pengiklan. Berarti yang anda hadapi adalah para pengiklan. Dan pendekatan yang anda perlukan berbeda dengan mendapatkan uang dari pengunjung.

Nah, itulah lima tujuan bisnis internet yang biasa diinginkan pebisnis online. Poin penting yang perlu anda camkan adalah dengan mengetahui apa tujuan anda, lebih mudah bagi anda untuk menetapkan langkah apa saja yang mesti anda perbuat. Kalau misal anda memiliki tujuan membangun komunitas, maka ACTION yang anda perbuat harus mengarah ke sana.

Pada prinsipnya keseluruhan tujuan itu saling berkait. Tapi saya percaya kalau setiap pebisnis pasti Memiliki Prioritas yang bisa jadi berbeda. Untuk itu penting untuk menetapkan apa tujuan yang terpenting bagi diri anda. Dengan memiliki prioritas, anda akan tahu apa yang paling penting untuk anda capai terlebih dulu. Kemudian jangan lupa untuk selalu ACTION berdasar prioritas tujuan anda tadi.

Di luar yang saya sebutkan di atas, anda mungkin memiliki tujuan yang sangat khusus, bersifat pribadi dan barangkali hanya anda sendiri yang tahu. Misal sebagai biaya untuk sekolah anak. Atau bagi yang masih lajang, mungkin untuk biaya pernikahan.

Itu bagus. Sebaiknya spesifikkan tujuan andaBerbisnis Oline. Karena dengan hal yang begitu dekat dengan diri anda, akan lebih membuat anda terpacu, bersemangat, dan pantang menyerah sebelum mencapainya.

Salam ACTION!

di 10:13 1 komentar

Label: Tujuan Bisnis Online

Menciptakan Content Blog yg Baik
Barangkali anda sering berpikir, apakah content blog saya sudah cukup bagus? Apa yang kurang dari content blog saya ya?

Untuk mengetahuinya, anda bisa saja menilainya sendiri. Tapi biasanya karena khawatir dikira subjektif, anda kemudian meminta orang lain untuk mengomentarinya. Bisa teman anda, para pengunjung blog, atau para pakar blog. Tapi semua itu belum cukup. Selain dari diri anda dan orang lain, ukuran keberhasilan content sebuah blog diukur dari diri blog itu sendiri. Maksudnya?

Maksud saya anda bisa menilainya dari niat awal anda membuat blog. Biar lebih jelas, mari kita ingat kembali…

Kemarin saya memposting tentang 8 cara praktis membuat blog sukses spektakuler. Di bagian awal, saya katakan kalau setiap orang bisa saja memiliki tujuan yang berbeda dalam membuat blog. Bisa misal untuk tempat curhat, berbagi informasi, sebagai ajang latihan menulis, mungkin untuk menyimpan dokumen, dan 1.001 satu tujuan lainnya.

Tak ada yang salah dan tak ada yang benar. Karena semua tujuan anda pilih sendiri berdasarkan kepentingan anda. Tapi pastinya saat anda memutuskan membuat blog, anda memiliki tujuan. Sekalipun cuma iseng-iseng, ya itupun tujuan anda.

Nah, berdasarkan niat anda dalam membuat blog inilah, keberhasilan content anda dinilai. Kalau tujuan anda ngeblog adalah memperbanyak kawan, maka content anda dinilai berhasil, bila makin banyak kawan yang anda punya. Begitupun kalau tujuan anda ngeblog untuk menambah pundi-pundi uang, content dinilai berhasil jika uang anda bertambah banyak.

Tentunya, penilaian anda itu bisa dilakukan setelah Promosi Blog Anda Jadi, setelah membuat content, lakukan promosi, dan evaluasi hasilnya. Bila memang sesuai yang diinginkan, content anda berhasil. Bila belum, berarti anda perlu memperbaikinya dalam posting-posting berikutnya.

Maka, menetapkan tujuan ngeblog sangat penting artinya untuk memajukan blog anda. Karena itu sangat saya sarankan sebelum anda membuat blog jelaskan tujuan anda. Apa sebenarnya yang anda inginkan dari blog anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, pengembangannya menjadi lebih mudah. Dengan arah yang jelas, langkah-langkah yang spesifik untuk mencapai tujuan tersebut juga lebih mudah dilakukan. Dan dengan menetapkan tujuan yang pasti, anda bisa menulis content sesuai tujuan itu.

Anda setuju?

di 10:01 0 komentar

Label: Content Bloging

Ada Lima Perkara dari Blog yg Harus Anda Ketahui

 

Bagi saya, rasanya tak ada yang lebih membuat bahagia yaitu saat posting saya ditanggapi oleh anda semua. Komentar, pendapat, atau pertanyaan anda membuat saya terus bersemangat untuk blogging. Meski tak semua komentar bernada positif, tapi saya lapang dada. Saya anggap itu adalah bentuk perhatian anda bagi kemajuan blog ini dan dunia blog tanah air.

Nah, kali ini saya ingin membaginya untuk anda semua. Inilah lima pelajaran berharga dari aktivitas blogging yang saya lakukan selama ini.

1. Blogging Butuh Perencanaan
Blogging sekarang begitu mudah. Tinggal pilih mau mau buat blog dimana dan klak-klik maka blog kita sudah jadi. Kemudahan inilah yang kerap menggoda siapapun yang berniat mulai blogging untuk langsung blogging dan melupakan perencanaan.

Kalau anda niatnya sekadar mencoba-coba blogging boleh saja seperti itu. Tapi jika anda berniat membuat blog yang sukses spektakuler, maka aspek perencanaan tak boleh anda tinggalkan. Karena rencana itulah yang akan memandu langkah-langkah blogging anda nantinya. Apa tujuan blogging anda? Apa topik blog anda?Siapa Target Pembaca Anda??….Bagaimana promosi blog anda? Berapa hari sekali anda memposting baru? Dan pertanyaan lainnnya.

Jika planning anda telah jelas, dan anda menjalankannya secara terus-menerus, maka dijamin tak sulit membuat blog anda jadi sukses spektakuler. Kata orang bijak, separuh kesuksesan berawal dari perencanaan yang baik. Separuhnya lagi berasal dari ACTION.

2. Jaringan itu Utama
Setiap blog yang sukses spektakuler pasti memiliki jaringan atau hubungan yang kuat dengan blogger lainnya. Ini mutlak! Tanpanya, mustahil blog anda bisa memiliki traffic tinggi, back link membludak, meraih tempat terhormat di search engine, dan menghasilkan uang tanpa henti. Jaringan adalah aset terbesar dalam blogging.

3. Menjaga Integritas
Banyak jalan pintas sebetulnya untuk membuat blog menghasilkan uang dalam jumlah besar dalam sekejap. Tapi memakai cara itu saya wanti-wanti betul agar anda hindari. Kenapa? Sebab akan merusak integritas dan meruntuhkan kredibilitas anda. Sekali mungkin anda berhasil, tapi selanjutnya tak ada yang jamin. Selihai tupai melompat, pasti akan terpeleset juga. Percayalah, cara-cara tidak baik pasti akan menghasilkan hal yang buruk. Blogging mengajarkan kita untuk bersikap jujur. Maka capai blog sukses spektakuler dengan cara terhormat.

4. Serius dan Konsisten untuk ACTION
Banyak yang punya ide menarik dan unik untuk blogging. Tapi sangat sedikit yang sampai mencapai predikat blog sukses spektakuler. Apa sebab? Tidak serius dan konsisten untuk ACTION. Sehingga perencanaan yang sudah susun tinggal di atas kertas saja. Blogging mengajarkan kita agar konsisten dan serius untuk ACTION. Memposting secara teratur, sering menjalin networking, dan rutin berpromosi adalah beberapa contohnya.

5. Jangan Takut Berinvestasi
Di tengah limpahan layanan gratis untuk blogging, membuat banyak orang enggan berinvestasi. Padahal bagi blogger yang memang serius berniat menjadikan blognya sebagai ladang uang, investasi wajib hukumnya.

Yang penting diingat, selama investasi untuk aktivitas blogging anda menuai untung dan mendorong kemajuan bisnis internet anda, jangan pernah ragu berinvestasi. Memakai hosting dan domain berbayar, belajar blogging, menggunakan layanan autoresponder berbayar adalah beberapa contohnya. Berdasar pengalaman saya, investasi uang yang saya keluarkan untuk aktivitas blogging kembali dengan hasil yang jauh lebih besar berkali-kali lipat.

Itulah lima pelajaran berharga yang saya peroleh dari kegiatan blogging selama ini. Bagaimana menurut anda?

Saya yakin anda pun punya pengalaman dan pelajaran berharga dari blogging. Silakan anda bagikan di sini. Dan mari kita diskusikan bersama…

di 09:52 1 komentar

Label: Belajar Pembuatan Blog

Selasa, 02 Desember 2008

3 Langkah Praktis Menuju Sukses
Sudah sampai mana kemajuan internet anda? Anda sudah punya situs web? Sudah join di berapa forum? Atau bahkan anda sudah punya banyak produk? That’s good. Bisnis internet itu intinya cuma satu, segera bertindak! Apapun ilmu yang anda dapat, berapapun ilmu yang anda pelajari, tidak ada ada gunanya kalau tidak segera dipraktekkan!

Langkah pertama anda akan menentukan sejauh mana keberhasilan anda. Anda pasti pernah nonton moto GP atau Formula 1. Valentino Rossi dan Schumacher tidak akan bisa jadi juara kalau mereka tidak melakukan start yang bagus. Artinya, kecepatan langkah pertama sangat menentukan kesuksesan yang mereka raih. Begitu juga dalam dunia bisnis. Siapa cepat dia dapat! Maksud saya, kecepatan anda dalam merintis bisnis akan memberi nilai tambah yang lumayan untuk kesuksesan anda.

Menjadi pelopor itu lebih baik daripada pengekor. Ya, karena produk pelopor inilah yang akan terus diingat orang. Nah, sekarang ide apa yang ada di kepala anda? Apa rencana untuk bisnis anda ke depan? Segera wujudkan! Segera eksekusi!

Banyak orang berbondong-bondong terjun di bisnis internet. Banyak orang menginvestasikan waktu dan tenaga mereka di depan monitor komputer. Tapi, tidak banyak yang bisa berhasil gemilang. Kenapa? Karena jarang ada yang bisa mengawal ide bisnis sampai ke puncak sukses. Kita terlalu lambat melangkah dan terlalu banyak berpikir. Padahal pada dasarnya, kita cuma learning by doing. Belajar sambil bekerja. Benar, sambil terus belajar kita juga harus mengerjakan apa yang sudah dipelajari. Dengan begitu, apapun ide yang anda telurkan bisa segera dierami dan menetas sempurna.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda bertindak cepat? Bisnis anda melaju pesat? Apapun yang anda pikirkan sudah benar-benar dilaksanakan?

Begini, lebih baik sekarang anda koreksi dulu perjalanan bisnis anda. Apakah anda sudah mendapatkan apa yang anda mau? Kalau anda sudah merasa cukup dengan apa yang anda peroleh sekarang, silakan anda stop sampai di sini. Jangan buang waktu anda yang berharga. Tidak perlu baca tulisan saya ini. Tapi, jika anda belum puas dengan kondisi anda sekarang, anda wajib meneruskan membaca artikel ini.

Tidak banyak orang yang bisa mengeksekusi apa yang ada di pikiran mereka. Mewujudkan ide menjadi uang! Mengubah waktu dan tenaga menjadi investasi yang terus berlipatganda nilainya. Saya yakin setiap saat anda pasti memikirkan ide-ide cemerlang untuk kebebasan finansial andak, untuk kemajuan bisnis anda. Tapi, sejauh mana anda melangkah? Sudah sampai mana ide cemerlang itu berjalan?

OK, saya tidak akan bertele-tele. Ada tiga cara praktis yang bisa anda lakukan untuk membuat anda bertindak sigap.

1. Cukup pikirkan satu ide saja
Meski sekarang di kepala anda ada banyak ide bisnis internet yang luar biasa hebat, anda tetap harus pilih satu ide saja. Ya, pilih ide yang paling hebat! Mudah dilancarkan dan pasti menguntungkan.

Kunci kesuksesan adalah fokus. Nah, khawatirnya jika anda memilih banyak ide untuk dijalankan, anda tidak bisa fokus. Harus kita akui sebagai manusia kita pnya banyak keterbatasan. Kalau satu ide saja belum berhasil kita kawal sampai sukses, bagaimana bisa menjalankan banyak ide?

2. Jangan merasionalisasi ide anda
Salah satu cara gagal dalam berbisnis adalah dengan merasionalisasi ide. Misal, anda membuat ebook. Dan anda jual ebook tersebut seharga 50 ribu. Lalu anda bertanya pada diri sendiri, “bukankah ebook ini terlalu murah? Ah! ebook ini tidak layak kalau dijual 50 ribu. Mungkin walaupun diberikan gratis pun tidak ada yang mau. Mungkin lebih baik saya cari saja ide yang lain!”

Buang semua hal yang bisa mengancam kesuksesan ide anda. Meski itu datangnya dari diri anda sendiri. Pemikiran demikian ini biasanya perwujudan dari rasa malas yang berusaha mencegah anda untuk bekerja keras. Percayalah! Banyak godaan yang akan hadapi dalam berbisnis. Termasuk hambatan yang datang dari dalam diri sendiri. kita tidak boleh lemah. Jangan berpikir bahwa ide yang lain lebih baik dari yang anda pilih sekarang. Anda tidak akan pernah tahu seberapa hebat hasil yang akan anda peroleh, jika anda tidak mencobanya. Yang penting segera melangkah! Jangan terlalu banyak pertimbangan.

3. Jangan terlalu konsentrasi pada hal sepele
Marketing atau pemasaran memang menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah produk. Apapun produk yang anda punya entah berupa jasa maupun barang, anda perlu strategi marketing jitu untuk membuat dagangan anda laris.
Tapi, sayangnya, umumnya para pemilik produk terlalu konsentrasi pada hal lain di luar masalah pemasaran ini. Contoh, terkadang kita bingung berhari-hari hanya untuk menentukan ”warna mana yang cocok untuk sampul ebook saya?” Bisa biru, coklat, hitam, putih… dll.

Terlalu lama berpikir untuk hal sepele bisa menjebak diri anda sendiri. Padahal untuk menyelesaikan masalah sampul, anda bisa mengambil keputusan cepat. Atau jika anda kebingungan, lebih baik minta pendapat teman atau saudara anda. Itu lebih bagus daripada anda sibuk mengurusi warna ebook. Ada hal lain yang lebih penting, misal urusan promosi dan iklan.

Nah, sekarang saya tunggu ide brilian anda. Sejauh mana anda bisa mewujudkan ide yang ada di benak anda sekarang? Kapan anda mau mengeksekusi ide itu? Kalau bisa sekarang kenapa menunggu besok? Saya percaya setiap pemikiran, ide, dan kreativitas pasti menyimpan potensi sukses yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mewujudkannya.

Jangan heran kalau Aqua dari Danone saja bisa sukses dan mendunia. Padahal ide dasarnya sederhana, cuma jualan air putih. Benar-benar simpel kan? Tapi kenapa produsen Aqua bisa kaya? Nah, sekarang kita buktikan saja kalau ide-ide yang kita punya juga bisa membuat kita sukses.

Jangan lupa untuk beri tahu saya kalau anda sudah sukses… OK?

Salam action!

di 11:42 0 komentar

Label: 3 Langkah Praktis

Cara Memilih Topik Blog Menarik
Topik atau tema blog sangat menentukan kesuksesan blog yang kita buat. Sebab dari situlah pengunjung memutuskan perlu mampir atau tidak di blog kita.

Bila topiknya tak sesuai yang diharapkan, pengunjung akan langsung minggat mencari blog lain. Tapi kalau topiknya cocok, pengunjung akan betah dan bahkan tak segan membelanjakan uangnya di blog kita.

Lalu topik apa yang seharusnya dipilih?

Pasti ini yang ingin anda tanyakan. Wajar kok! Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan terutama oleh newbie blogger. Dan tak ada yang salah dengan pertanyaan itu. Karena memang inilah keputusan pertama yang akan menentukan keberhasilan blog anda. Percuma saja kita sudah melangkah ratusan kilometer, jika ternyata jalur yang kita pilih keliru. Tujuan kita tidak akan pernah tercapai!

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika memilih topik blog:

  • Latah. Kebanyakan blogger pemula biasanya suka latah. Mereka suka memilih topik blog hanya karena melihat blog lain sukses dengan topik tersebut. Memang tidak dosa jika meniru topik blog yang sudah ada. Tapi ini juga menunjukkan sejauh mana anda serius menggeluti blog anda. Suka latah hanya akan membuat anda selalu menjadi nomer dua. Karena begitu anda meniru suatu blog, blog yang anda tiru sudah melangkah lebih jauh. Buka mata dan pikiran! Di dunia maya sangat banyak hal yang bisa dieksplorasi. Jangan cuma terpancang dengan tema-tema blog yang sudah ada. Cari sesuatu yang baru, yang fresh, yang membuat penduduk dunia maya berkata, ”oh it’s fresh and great topic!”
  • Topiknya anda suka tapi tak banyak orang minat. Ini kesalahan kedua yang sering dilakukan. Maksudnya sih ingin tampil beda, tapi jadinya malah blog anda menderita karena jarang ada yang bertamu. Perlu juga diperhatikan berapa banyak orang yang tertarik dengan topik blog yang anda pilih. Karena banyak sedikitnya pengunjung berbanding lurus dengan kesuksesan yang ingin anda capai.
  • Topiknya tidak anda dipahami. Jangan sekali-kali memilih topik blog yang tak anda pahami sama sekali. Selain bisa membuat anda tersesat, juga sangat mungkin membuat banyak orang lain ikut tersesat. Dampak ekstrimnya, blog anda dicap sebagai penyebar kesesatan. Dan karir anda sebagai blogger akan habis tanpa pernah mencicipi kesuksesan sebelumnya!
  • Topik tidak fokus. Memilih topik yang sangat luas bisa membuat pengunjung bingung dengan blog anda. Bukannya mendapatkan pencerahan dari blog anda, permasalahan yang tengah dicari solusinya oleh pengunjung mungkin bisa tambah tidak karuan. Bagi anda sebagai pemilik blog, jangankan mengharapkan pundi-pundi uang berdatangan, tidak dijuluki blogger yang tidak jelas saja sudah untung. Sebaiknya, pilih topik yang fokus. Kalaupun memiliki ketertarikan terhadap beberapa bidang, usahakan masih berkaitan. Tentu tidak nyambung kan kalau topik blog anda tentang dunia kesehatan dan tambal ban?

Kalau bingung dan tidak punya ide sama sama sekali tentang topik blog yang akan dipilih, terus bagaimana?

Kalau pikiran anda sama sekali kosong melompong, coba tanyakan pada diri sendiri dan tulis pada secarik kertas. Apa hobi anda? Apa yang anda minati atau suka? Apa saja pengalaman anda? Yang anda pelajari selama ini apa? Atau keahlian apa yang paling membanggakan dari diri anda?

Kemudian dari sekian deretan topik yang sudah ditulis, tentukan topik blog anda. Perhatikan dan ingat, jangan sampai kesalahan-kesalahan pemilihan topik di atas terjadi pada anda.

Biasanya sih kebanyakan blogger memilih topik yang disuka. Karena lebih mudah untuk memulai ngeblog. Itu juga yang saya sarankan. Yang penting, anda KONSISTEN mengelola blog anda dan mencoba menghadirkan TRAFFIC yang tinggi ke blog anda

Kenapa?

Kalau tidak konsisten, sebulan dua bulan mungkin anda sudah bosan dengan blog anda. Jelas waktu satu dua bulan tersebut menjadi terbuang percuma. Selain juga duit anda lenyap tanpa hasil buat internetan.

Supaya tidak seperti itu, selain konsisten, anda harus bisa mendatangkan traffic yang tinggi. Karena dari situlah potensi penghasilan anda muncul. Memang lebih mudah makan rambutan daripada mendatangkan traffic. Tapi traffic yang tinggi sangat mungkin terwujud—lagi-lagi—tergantung semenarik apa topik blog anda di mata pengunjung. So, pilih topik yang memang dicari banyak orang.

Anda masih bingung memilih topik gara-gara banyak hal yang disuka?

Saran saya pilih satu lalu SERIUSI dan TEKUNI. Curahkan perhatian pada satu bidang tersebut. Kalau anda tidak segera putuskan, anda tidak akan pernah tahu topik yang anda tetapkan itu disukai pengunjung atau tidak.

Sekali lagi, pengunjung yang akan menentukan topik blog anda menarik atau tidak. Karena itu, segera tetapkan topik dan mulai ngeblog. Tulis dan lihat bagaimana respon pengunjung. Selanjutnya, anda boleh melakukan penyesuaian. Kira-kira apa yang kurang dari topik yang anda pilih. Perlu disempitkan lagi atau justru diperluas? Atau mungkin soal isi blog? Ini akan kita bahas lain kali.

Saya tekankan lagi, sangat penting memulai ngeblog dengan memilih SATU topik daripada memilih banyak topik. Karena dengan begitu anda bisa mencurahkan waktu dan energi anda. Anda bisa fokus!

Saran lainnya, daripada mempunyai banyak blog, sebagai permulaan lebih baik punya satu blog saja. Karena dengan begitu konsentrasi anda dalam mengelolanya bisa lebih maksimal.

Selain itu, tetapkan target terhadap blog anda. Dua atau tiga bulan waktu yang cukup baik untuk melakukan evaluasi. Bila dalam waktu itu, blog anda bisa menghasilkan seperti target yang anda harapkan, anda boleh lanjutkan. Tapi jika tidak, jangan ragu untuk berubah. Ganti topik blog anda. Mungkin topik blog anda pasaran? Atau mungkin sedikit orang yang tertarik dengan topik yang anda tulis?

Selain ganti topik, alternatif lainnya anda bisa buat blog baru. Konsekuensinya anda harus mau kehilangan hasil kerja keras anda selama tiga bulan. Tapi tak mengapa. Asal anda pandang itu yang terbaik untuk kelangsungan blog anda, tak ada salahnya mencoba. Dan jadikan pengalaman selama tiga bulan sebagai bekal untuk ngeblog lebih lanjut. Kata banyak orang, experience is the best teacher!

Pilihan lainnya? Mungkin anda bisa jual blog anda. Siapa tahu ada yang tertarik. Dan anda bisa buat blog baru…

di 11:34 2 komentar

Label: Topik Blog Menarik

8 Cara Mudah Dengan Hasil Manjur
Mungkin banyak orang memanfaatkan blog hanya untuk kesenangan pribadi. Misal sebagai tempat curhat, menuliskan keluh kesah atau pengalaman yang dialami. Atau bisa juga untuk berbagi informasi, menuliskan informasi penting agar banyak orang yang bisa mengetahuinya. Sebagai tempat latihan menulis juga bisa. Tujuan lainnya, blog bisa pula dipakai untuk tempat menyimpan catatan-catatan penting anda.

Namun, apapun tujuan anda ngeblog, yang jelas blog bisa pula mendatangkan keuntungan tak terhingga untuk anda.Blog bisa mendatangkan uang tanpa henti masuk ke kantong kita.Enak kan? “Sekali nyetir, dua kota terlewati”. Sambil tetap ngeblog dan tidak kehilangan kesenangan anda, bisa pula menambah tebal dompet anda. Tapi bagaimana caranya?

Itu pasti yang ingin anda tanyakan. Tentunya blog anda harus menarik banyak pengunjung dan membuat mereka betah unuk berkali-kali datang ke blog anda. Di sini saya bagikan 8 hal yang perlu anda perhatikan agar blog anda sukses secara spektakuler.

  1. Tetapkan URL yang konsisten. Dalam membuat blog, URL anda harus konsisten. Maksudnya, jangan digonta-ganti. Sekali saja anda mengganti URL blog, berarti anda harus kerja keras mempopulerkannya kembali. Blog yang sudah mulai akrab dengan search engine, akan hilang begitu saja. Begitupun koneksi yang telah anda bangun selama ini. Karena itu URL sangat penting. Dalam menentukan URL, sebaiknya pilih nama yang mudah diingat.
  2. Pilih topik yang tepat. Dulu pernah saya katakan, Bekerja di bidang yang di cintai membuat kita lebih mudah success. Saat membuat blog, hal ini pun harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan memaksakan diri di bidang A kalau anda suka bidang B. Bekerja di bidang yang anda sukai pasti membuat anda lebih semangat. Kalau bingung mau memilih topik blog apa? Gampang! Solusinya bisa anda temukan di cara memilih topik blog yang menarik seperti magnet.
  3. Tampilkan content berkualitas. Saya jamin, tak ada yang bakal menolak barang berkualitas yang gratis. Begitupun dengan blog anda. Jaga kualitas content blog anda. Dengan begitu, pengunjung akan kesengsem dan mudah kembali ke blog anda. Kalau mau isi blog anda jadi bagus.
  4. Promosikan blog anda. Undang pengunjung sebanyak mungkin untuk datang ke blog anda. Misal, dengan aktif menulis di milis. Bisa juga dengan aktif berkomentar di blog yang ramai pengunjungnya. Bisa pula dengan memanfaatkan social network yang sesuai dengan target pembaca anda. Dan banyak cara lainnya. Yang penting, anda jangan pernah berhenti mempromosikannya. Memang mungkin menghabiskan banyak waktu. Tapi hasil yang anda tuai pasti sepadan dengan usaha anda.
  5. Tingkatkan keterampilan teknis. Setelah memiliki blog, jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan anda mengelola blog. Banyak hal yang bisa dipelajari seperti mengenai SEO, HTML, dan lainnya. Dan mungkin tak akan pernah ada habisnya. Tapi yang penting, setelah anda pelajari, langsung praktekkan. Biar pengetahuan anda jadi melekat dan bermanfaat. Dengan semakin menguasai hal teknis, blog anda pasti akan tampil unik dan jauh lebih menarik.
  6. Lakukan riset dan evaluasi. Jangan bosan untuk meningkatkan kualitas blog anda. Karena itu, lihat blog ‘tetangga’ dan bandingkan dengan blog anda. Serap hal-hal yang menurut anda baik untuk diterapkan pada blog anda. Dengan selalu melakukan riset dan evaluasi, blog anda pasti akan lebih baik dari hari ke hari.
  7. Jangan surut langkah. Sekali anda memutuskan ngeblog, jangan pernah mundur. Meski mungkin anda menemui kenyataan tak seindah harapan. Seperti meski anda sudah jungkir balik promosi, tapi pengunjungnya cuma segitu saja. Atau page rank blog anda masih ada di urutan terbelakang. Sekali lagi, jangan pernah surut langkah. Kesulitan itu sesuatu yang wajar. Dan anda harus belajar menyelesaikannya. Hadapi kesulitan anda, bukan dihindari!
  8. Berani berkorban. Orang Jawa bilang, jer besuki mawa bea. Ini pepatah lama yang tetap cocok sampai kapanpun. Untuk meraih kesuksesan anda harus berkorban lebih dulu. Jika anda telah memilih membuat blog, kelolalah dengan baik. Jangan sia-siakan. Fokuskan perhatian anda pada blog anda.

Cara di atas mungkin sudah sering anda temui. Tapi, jangan dulu berkomentar basi. Cobalah satu-persatu, niscaya nantinya anda akan terkejut melihat pengunjung blog anda jauh lebih ramai dari anda kira. Kalau sudah begitu, mau pilih sumber penghasilan blog manapun, pasti akan lebih gampang mewujudkannya

http://desak-amik.blogspot.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: